Berbagi Tips Komputer, Blogger, Dan Android

Tuesday, August 12, 2014

Cara Membuat Akun Email Google (GMail)

CARA MEMBUAT EMAIL BARU DI GOOGLE (GMAIL)


Logo Gmail, akun email dari GoogleCara membuat email baru di Google yang biasa disebut juga dengan gmail sangat mudah. Pada dasarnya cara membuat akun email di gmail sama saja anda mendaftar untuk sebuah akun yang bisa dipergunakan untuk mengakses semua produk Google.

Produk email dari Gmail ini terintegrasi dengan semua produk Google seperti Youtube, Google Plus, Webmaster Tools, Analytics dan masih banyak lagi.Kali ini saya khusus menjabarkan cara pembuatan dan penggunaan akun baru gmail tersebut.

Langkah-Langkah Membuat Email Google Baru

Memasukkan data pribadi anda.

  • Silahkan saudara membuka alamat gmail di http://mail.google.com/ 
  • Biasanya anda akan masuk ke layar login akun Google terlebih dahulu. pada layar tersebut di bagian kanan atas akan ada link Create an Account atau Buat Akun
  • Sebagaimana layaknya sebuah pendaftaran, Google akan meminta anda mengisi beberapa hal sebelum anda membuat email. Berikut ini adalah data yang harus anda isikan:
  • Nama depan dan belakang
  • Alamat email yang anda inginkan (akan ada pengecekan ketersediaan, karena tidak boleh ada dua alamat email yang sama)
  • Isikan password email yang anda inginkan. Password sebaiknya perpaduan huruf besar dan kecil dengan angka numerik. Contoh: AKunEmaiLGoOgle79. Saran saya ketik dulu password ini di sebuah notepad dan simpan.
  • Ketik ulang password anda untuk memastikan tidak ada karakter yang salah.
  • Masukkan tahun, bulan, dan tanggal kelahiran anda
  • Pilih jenis kelamin
  • Isikan nomor handphone anda pada pendaftaran ini. Handphone ini akan anda gunakan dalam pengamanan akun anda nantinya.
  • Jika anda punya akun emaill lainnya, isikan ke dalam formulir. Ini akan membantu anda jika akun email Google yang anda buat ini mengalami masalah nantinya.
  • Ketikkan lokasi atau negara anda
  • Tentu saja yang wajib hukumnya adalah menyetujui persyaratan Gmail
  • Klik tombol Langkah berikutnya (lihat contoh gambar di bawah)

Verifikasi Akun Email Anda

Pada saat anda membuat email di gmail ini anda mungkin akan diminta memverifikasi pendaftaran yang anda lakukan. Masukkan nomor handphone anda dan klik kirim kode verifikasi. Tunggu beberapa saat sampai anda menerima sebuah SMS dari Google.
Verifikasi pendaftaran akun gmail dengan SMS

  • Di dalam SMS itu ada sebuah kode 6 angka unik. Isikan nomor tersebut pada layar verifikasi akun email baru saudara....
Masukkan 6 angka unik kode verifikasi dari SMS

Edit Profil Akun Email Anda

Setelah melakukan verifikasi, anda akan diminta mengedit profil akun email baru anda dengan memasukkan sebuah foto. Tapi kalau anda belum mau mengedit profil, maka silahkan klik langkah berikutnya. Anda bisa mengubah profil anda nantinya dari link pengaturan akun.

  • Proses membuat email baru di Google sudah selesai, akan ada layar ramah tamah dari Google. Silahkan klik Lanjutkan ke Gmail

Sedikit Pengamanan Pada Akun Gmail Yang Baru Anda Buat

Dengan mengklik tombol di atas anda akan dibawa masuk ke akun anda. di mana ada 3 buah email dari Google. Sebaiknya anda mencatat tanggal, dan waktu masuk dari email Google itu ke dalam notepad yang berisi password tadi. Karena waktu terkirimnya email tersebut adalah waktu pembuatan email anda. Anda akan membutuhkan data ini jika skenario terburuk atas akun anda terjadi. Maksud saya adalah saat anda ingin mengembalikan akun email Google yang dihack.
Itulah cara-cara membuat akun email Google alias Gmail yang dilengkapi dengan langkah-langkah awal memproteksi akun anda. Langkah-langkah proteksi seperti membuat password yang rumit, dan mencatat tanggal dan waktu pembuatan email ke dalam sebuah file notepad bisa anda lewatkan jika akun gmail ini tidak terlalu penting bagi anda.

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya....Sampai Bertemu Di postingan selanjutnya...

Previous
Next Post »

Dilarang Spam , Flood , Junk , Sara , Link Aktif Dsb.

 
Back To Top