Berbagi Tips Komputer, Blogger, Dan Android

Saturday, November 2, 2019

Tren dan Inovasi Sistem Teknologi Informasi

Semakin lama, perkembangan teknologi pun makin pesat. Dunia berubah dengan teknologi baru hampir setiap hari. Smartphone, komputasi awan, atau tablet multi sentuh, semua inovasi ini merevolusi hidup kita.

Perubahan-perubahan mendasar mulai terlihat dalam perekonomian dan cara bisnis dijalankan saat ini. Di era informasi yang serba cepat seperti sekarang, perusahaan harus memikirkan kembali fondasi operasional mereka dan bergerak untuk membuat segalanya menjadi lebih cepat dan kompetitif secara ekonomi. Bukan berpegang pada paradigma lama, yakni membangun sekadar menjadi lebih besar dan lebih baik.

Tren Inovasi
Source : techweez.com


Bisnis telah berevolusi dari sistem yang dibangun untuk meraih efisiensi menjadi sistem yang dibuat untuk inovasi, di mana alat yang paling berharga saat ini adalah informasi dan akses terhadap teknologi seperti perangkat-perangkat cerdas.

Digitalisasi

Pada dekade lalu, TI telah mengalami berbagai perubahan. Kita telah bergerak dari grid ke cloud, dari arsitektur yang berorientasi layanan ke microservices, dan dari virtualisasi mesin ke teknologi container.

Namun, transisi lain berlangsung secara diam-diam. Berbagai teknologi dan kekayaan intelektual yang ada semakin terekspos dalam software atau dalam suatu tren yang disebut para analis  industri sebagai digitalisasi.

Digitalisasi telah didorong oleh konvergensi, dan keselarasan tren-tren sosial, ekonomi, dan teknologi. Digitalisasi semua hal, mulai dari solusi mobile hingga privasi dan keamanan, akan menjadi sumber diferensiasi kompetitif oleh perusahaan yang menjalankannya secara benar.

Containerized IT

Containerization adalah alternatif ringan dari virtualisasi mesin secara penuh yang mencakup penempatan aplikasi dalam sebuah container di lingkungan operasinya sendiri.

Dalam lingkungan perusahaan saat ini, container telah mentransformasi TI dengan cepat dan menarik perhatian karena keuntungan beragam yang diberikannya.

Docker mempopulerkan konsep containerization, dan dunia mengakui kelayakan arsitektur berbasis container ini. Kini perusahan beralih dari menanyakan tentang container sebagai bagian dari roadmap ke pertanyaan mengenai rincian implementasi. 
Augmented Reality (Realitas Buatan/AR) Selain kecerdasan buatan, teknologi augmented reality (AR) atau realitas buatan banyak digunakan sejumlah perusahaan teknologi. Sebab, teknologi ini dirasa lebih mudah digunakan dibandingkan saudara jauhnya, virtual reality (VR). Guna mengadopsi AR, pengguna hanya memerlukan perangkat yang dilengkapi dengan kamera seperti smartphone. Alhasil, sejumlah obyek imajiner dapat muncul pada layar ponsel setelah pengguna mengaktifkan aplikasi yang sudah mengadopsi teknologi ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8 Tren Teknologi yang Diramalkan "Booming" Tahun Ini", https://tekno.kompas.com/read/2018/01/09/20080097/8-tren-teknologi-yang-diramalkan-booming-tahun-ini?page=all.
Penulis : Rizky Chandra Septania
Augmented Reality (Realitas Buatan/AR) Selain kecerdasan buatan, teknologi augmented reality (AR) atau realitas buatan banyak digunakan sejumlah perusahaan teknologi. Sebab, teknologi ini dirasa lebih mudah digunakan dibandingkan saudara jauhnya, virtual reality (VR). Guna mengadopsi AR, pengguna hanya memerlukan perangkat yang dilengkapi dengan kamera seperti smartphone. Alhasil, sejumlah obyek imajiner dapat muncul pada layar ponsel setelah pengguna mengaktifkan aplikasi yang sudah mengadopsi teknologi ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8 Tren Teknologi yang Diramalkan "Booming" Tahun Ini", https://tekno.kompas.com/read/2018/01/09/20080097/8-tren-teknologi-yang-diramalkan-booming-tahun-ini?page=all.
Penulis : Rizky Chandra Septania

Augmented Reality

Selain kecerdasan buatan, teknologi augmented reality (AR) atau realitas buatan banyak digunakan sejumlah perusahaan teknologi. Sebab, teknologi ini dirasa lebih mudah digunakan dibandingkan saudara jauhnya, virtual reality (VR). Guna mengadopsi AR, pengguna hanya memerlukan perangkat yang dilengkapi dengan kamera seperti smartphone. Alhasil, sejumlah obyek imajiner dapat muncul pada layar ponsel setelah pengguna mengaktifkan aplikasi yang sudah mengadopsi teknologi ini.
Teknologi ini dinilai sebagai hal yang cukup potensial jika digunakan untuk masa depan. Saking potensialnya, dua raksasa teknologi, Google dan Apple berlomba untuk menciptakan AR terbaiknya melalui ARCore dan ARkit.

Artificial Intelligence

Kecerdasan buatan (AI) memungkinkan mesin untuk belajar dari pengalaman, menyesuaikan input-input baru dan melaksanakan tugas seperti manusia. Sebagian besar contoh AI yang Anda dengar dewasa ini – mulai dari komputer yang bermain catur hingga mobil yang mengendarai sendiri – sangat mengandalkan pembelajaran mendalam dan pemrosesan bahasa alamiah. Dengan menggunakan teknologi ini, komputer dapat dilatih untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu dengan memproses sejumlah besar data dan mengenali pola dalam data.

Pengambil Keputusan Bisnis

Dengan majunya kecerdasan buatan ditambah sistem jaringan yang luas, banyak perusahaan yang memanfaatkannya untuk mengambil keputusan binis (event-driven). Teknologi kecerdasan buatan kerap digunakan untuk mengambil keputusan bisnis yang lebih akurat.

Blockchain

Blockchain adalah sebuah konsep teknologi yang dapat membukukan transaksi data melalui catatan yang disebut block. Teknologi ini diklaim sebagai sistem yang paling aman karena tidak dipegang satu organisasi, melainkan ribuan komputer publik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8 Tren Teknologi yang Diramalkan "Booming" Tahun Ini", https://tekno.kompas.com/read/2018/01/09/20080097/8-tren-teknologi-yang-diramalkan-booming-tahun-ini?page=all.
Penulis : Rizky Chandra Septania
Blockchain adalah sebuah konsep teknologi yang dapat membukukan transaksi data melalui catatan yang disebut block. Teknologi ini diklaim sebagai sistem yang paling aman karena tidak dipegang satu organisasi, melainkan ribuan komputer publik.
Adopsi teknologi digital pada setiap aspek kehidupan berpengaruh pada keberadaan keamanan digital. Pasalnya, naiknya jumlah transaksi data melalui jalur digital berdampak pada naiknya ancaman digital yang mengintai dari setiap sudut.

Blockchain biasanya digunakan untuk mencatat transaksi di dalam jaringan bitcoin. Tahun depan, blokchain diprediksi akan mencakup database, keamanan, analisis, manajemen moneter, dan identitas. Namun, lantaran legalitasnya masih dipertanyakan, bisa saja teknologi ini belum dipakai di banyak negara.

Keamanan Berbasis Kecerdasan Buatan

Pengembangan teknologi kecerdasan buatan harus diimbangi dengan sistem keamanan cerdas pula. Kalau tidak, nama saja bunuh diri. Teknologi continous adaptive risk and trust assasment (CARTA) bisa jadi salah satu jalan. Tingkat keamanan kecerdasan buatan ini bahkan bisa memantau dan menganalisis keamanan dalam waktu sepersekian detik sebelum serangan terjadi. 

New Media

Internet dianggap sebagai jaringan komputer global yang saling terhubung (dan 'perangkat komputasi' lainnya seperti personal digital assistant (PDA), telepon, dan sebagainya). Pada akhir 1960-an, berbagai eksperimen dalam komunikasi jaringan yang dilakukan, untuk berbagai keperluan, semua didorong oleh antusiasme bersama untuk menemukan penggunaan baru teknologi yang muncul dalam komputasi dan telekomunikasi.

Internet bukan hanya komputer dan saluran telepon (sampai saat ini sarana koneksi utama antara "node" Internet). khususnya protokol (dengan akronim seperti TCP, FTP, HTTP dan IP) yang memungkinkan data untuk melewati jaringan dari node ke node, untuk 'dikirim' dan 'diterima' di tempat yang tepat pada waktu yang tepat, dengan cara yang benar. 

Perangkat lunak juga menghadirkan Internet kepada kami, dalam hal antarmuka di layar komputer yang memvisualisasikan Internet dengan cara tertentu. Ini dulu terutama tekstual, tetapi sekarang trulymultimedia, menggabungkan teks, suara, gambar diam dan bergerak - singkatnya, konten.
Cyberspace dan Cyberculture adalah salah satu istilah yang digunakan untuk menangkap dimensi tambahan dari Internet dan World Wide Web.

Budaya digital tidak diragukan telah berdampak dalam berbagai cara pada kehidupan kontemporer, tetapi salah satu perkembangan yang semakin signifikan yang telah diantarnya terkait dengan komunikasi yang dimediasi 'bergerak'. Tentu saja, seperti banyak perkembangan NewMedia, ini bukan sesuatu yang sepenuhnya baru; Media media lama ’seperti radio analog telah mudah dibawa-bawa selama beberapa dekade, dan stereo pribadi Walkman menjadi perangkat analog yang sangat populer, pada 1980-an, untuk mendengarkan kaset rekaman yang direkam secara pribadi di ruang publik.

‘Video’ dalam ‘video game’ biasanya merujuk ke perangkat tampilan raster. Dalam grafik komputer, gambar grafik raster, gambar digital atau bitmap, adalah struktur data yang mewakili grid piksel persegi panjang yang umumnya dapat dilihat melalui monitor layar. 
Namun, karena istilah game permainan video ’telah mulai digunakan secara umum, istilah ini sekarang merujuk pada semua jenis gim apakah mereka menggunakan grafik raster atau tidak. Sistem elektronik yang digunakan untuk bermain video game dikenal sebagai 'platform', contohnya termasuk mesin arcade, PC, konsol game, DVD, perangkat genggam dan ponsel. 

Dengan demikian, istilah 'video game' sekarang hanya digunakan sebagai cara membedakan jenis permainan ini dari jenis permainan papan atau kartu yang lebih tradisional yang tidak memerlukan unit tampilan visual apa pun. 'Permainan video' semakin meningkat. menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari dan barang-barang yang sekarang kita anggap biasa dalam budaya digital kita sering disambungkan dengannya. 
Televisi layar datar atau penerima digital (set-top box) kadang-kadang dikirimkan dengan 'permainan video' yang terintegrasi pada papan sirkuit mereka, mudah diakses melalui remote-control. Peredaran game mini di kantor dan yang lebih penting melalui viral iklan juga meningkat.

Generasi konsol game saat ini seperti Nintendo Wii menawarkan layanan terintegrasi dari komunitas online, ke toko, konten video dan audio yang dapat diunduh serta kemungkinan untuk mengakses game yang tidak tersedia di luar dunia maya. Jadi, meskipun istilah 'permainan video' tidak selalu akurat secara teknis, itu adalah ungkapan yang kita semua kenal sebagai bagian dari lanskap budaya digital. Bab ini mengusulkan untuk melihat bagaimana permainan ini berevolusi, menganalisis perkembangan historis / budaya mereka dan memeriksa perkembangan akademik bertahap mereka sebagai subjek studi dengan hak mereka sendiri.

Sources 
Digital Culture: Understanding New Media
https://marketing.co.id/tren-teknologi-informasi-yang-mengubah-dunia-di-masa-datang-bagian-i/
https://www.marketing.co.id/tren-teknologi-informasi-yang-mengubah-dunia-di-masa-datang-bagian-ii/
https://blog.andi.dirgantara.co/teknologi-kontainer-pengantar-pengenalan-docker-706eafe03269 
https://tekno.tempo.co/read/1045349/10-tren-teknologi-2018-semua-tentang-kecerdasan-buatan/full&view=ok
https://tekno.kompas.com/read/2018/01/09/20080097/8-tren-teknologi-yang-diramalkan-booming-tahun-ini?page=all
https://www.sas.com/id_id/insights/analytics/what-is-artificial-intelligence.html

Previous
Next Post »

Dilarang Spam , Flood , Junk , Sara , Link Aktif Dsb.

 
Back To Top