Berbagi Tips Komputer, Blogger, Dan Android

Monday, December 31, 2018

Kelapa Dua Wetan dan Ciracas

Kelurahan Kelapa Dua Wetan

 
Source
https://id.wikipedia.org/wiki/Lambang_Jakarta
Kelapa dua wetan adalah kelurahan tempat saya tinggal. Kelapa Dua Timur atau Kelapa Dua Wetan yang sering disebut masyarakat adalah salah satu kelurahan di kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Indonesia

Geografi
Kelurahan Kelapa Dua Wetan mempunyai luas wilayah 336,86 Ha, terbagi atas 12 RW dan
132 RT. Dengan kode post 13730.

Batas wilayah :
  • Utara : Jalan Raya Ciracas (Kel. Ciracas)
  • Selatan : Kali Cipinang ( Kel. Ciracas)
  • Timur : Jalan Tol Jagorawi (Kel. Cipayung)
  • Barat : Jalan Lap. Tembak (Kel. Cibubur)
Menurut Sensus Penduduk 2000, BPS Propinsi DKI Jakarta, Jumlah penduduk di Kelurahan Kelapa Dua Wean adalah 35.165 jiwa, terdiri dari 17.753 laki-laki, dan 17.412 perempuan. 

Sejarah Kelurahan kelapa dua wetan
Menurut  dari salah satu sumber yang didapat (Sumber) yang  tinggal  lebih  dari  20  tahun  di wilayah  Kelurahan  Kelapa  Dua Wetan,  sekitar  tahun  1980-1990  wilayah  ini termasuk  daerah sepi  penduduk yang kurang  aman  karena  banyaknya  peristiwa kemalingan  dan  perampokan.  Meskipun  lingkungannya  kurang  aman,  namun wilayah Kelapa Dua Wetan tempo dulu merupakan tempatyang nyaman untuk di tempati karena masih banyak pepohonan sehingga membuat udara menjadi sejuk.
 
Sejak dibangun jalan tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) tahun 1973-1978 dan   dibangunnya   kawasan   Bumi   Perkemahan   dan   Graha   Wisata   Pramuka Cibubur,   lahan   masyarakat di   Kelurahan   Kelapa  Dua   Wetanbanyak  dibeli pengembang.  Bersamaan  dengan  ramainya pembangunan  ini,  secara  perlahan banyak  orang  dari  Jakarta  maupunluar Jakartayang  membeli  lahan    tempat tinggal di kawasan ini sehingga membentuk masyarakat yang multikultur.  

Untuk kondisi Kelurahan kelapa dua wetan saat ini sudah mengalami banyak perubahan dan perkembangan sejak 10 tahun terakhir. Banyak lahan kosong yang di beli dan dimanfaatkan oleh pengelola atau investor untuk dibangun perumahan. Kondisi fasilitas juga bertambah seperti sarana olahraga dan juga taman.

Kecamatan Ciracas


Ciracas adalah nama sebuah kecamatan yang terletak di Jakarta Timur. 
 
Kecamatan Ciracas yang terdiri dari 5 kelurahan ini adalah salah satu dari 10 kecamatan yang terletak di Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia. 
5 Kelurahan Tersebut adalah
  1.     Cibubur, Ciracas dengan kode pos 13720
  2.     Kelapa Dua Wetan, Ciracas dengan kode pos 13730
  3.     Ciracas, Ciracas dengan kode pos 13740
  4.     Susukan, Ciracas dengan kode pos 13750
  5.     Rambutan, Ciracas dengan kode pos 13830
Geografi
Secara administratif, wilayah Kecamatan Ciracas terdiri dari 5 kelurahan, 49 RW, dan 594 RT dan dihuni kurang lebih 50.000 jiwa, dengan jumlah pertambahan penduduk rata-rata sekitar 0,66 % per tahun. Kecamatan ini memiliki luas wilayah 1.608 Ha ( menurut Pemerintah Administrasi Jakarta Timur ).

Kantor Kecamatan Ciracas berada di wilayah Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas. Alamat kantor camat Ciracas berada di Jl. Penganten Ali No.9 Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.

Selain itu di Kecamatan Ciracas terdapat sebuah Universitas, yaitu UHAMKA Muhammadiyah. Yang terletak di Kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, DKI Jakarta 
 
Menurut Sensus Penduduk 2000, BPS Propinsi DKI Jakarta, Jumlah penduduk di kecamatan ciracas adalah  107,205 laki-laki , 101,561 perempuan dengan total keseluruhan 208,766 Jiwa.

Kecamatan Ciracas mempunyai batas wilayah sebagai berikut:
  •     Sebelah Utara :Kecamatan Kramat Jati
  •     Sebelah Timur :Kecamatan Cipayung
  •     Sebelah Selatan :Kota Depok
  •     Sebelah Barat :Kecamatan Pasar Rebo
Sejarah Kecamatan Ciracas
Nama Ciracas berasal dari nama salah satu anak kali Cipinang, yaitu Kali Ciracas. Kali Ciracas mengalir melewati dua kelurahan di kecamatan ini, yaitu Kelurahan Rambutan dan Kecamatan Ciracas. Kecamatan Ciracas sendiri merupakan pemekaran dari Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Kecamatan ciracas merupakan pecahan dari kecamatan pasar rebo, berdasarkan keputusan gubernur KDKI jakarta nomor 1b.2/1/1/1966 tanggal 12 agustus 1966 tentang pembentukan kota adminsitratif kecamatan dan kelurahan daerah khusus ibukota jakarta( lembar daerha nomor 5 tahun 1966) dan dipertegas dengan peraturan pemerintah republik indonesia nomor 60 tahun 1990 tentang pembentukan wilayah kota da n kecamatandalam wilayah DKI jakarta, yang diresmikan oleh gubernur KDKI Jakarta pada tanggal 30 januari 1991.

Perbandingan Jumlah Kepadatan Penduduk
Kelurahan Kelapa dua Wetan
= 35.165 Jiwa
Kecamatan Ciracas
= 208,766 Jiwa.

Lingkungan Hidup
Lingkungan hidup di kota yang lebih banyak di dominasi oleh pembangunan perumahan dan fasilitas lainnya. Hal tersebut berpengaruh pada kebersihan udara dan suasana yang di hasilkan.Untuk kondisi udara di sekitaran daerah ini masih cenderung bersih dan segar saat di pagi hari dikarenakan masih terdapat lahan terbuka hijau walaupun jumlah nya tidak banyak lain halnya bila sudah memasuki siang haru udara lebih cenderung panas dan kotor karena polusi udara dari kendaraan berlalu lalang di jalan.

Corak Kehidupan
Corak kehidupan lebih bersifat heterogen, atau bermacam-macam. Penduduk atau masyarakat daerah ini biasanya berasal dari latar belakang yang berbeda beda, seperti perbedaan etnik atau suku, agama, dan lain sebagainya. Sehingga nilai dan norma yang ada di kota mudah memudar karena mudahnya aspek-aspek perubahan sosial masuk serta mudahnya perkembangan sosial terjadi di kota. Masyarkatnya terbuka, demokratis, kritis, dan mudah menerima unsur-unsur pembaharuan.

Mata Pencaharian
Mata pencaharian masyarakat di daerah ini sebagian besar sebagai pegawai kantoran, banyak juga yang berdagang atau membuka bisnis sendiri sebagai mata pencaharian mereka. Tidak terlalu banyak Perbedaan mata pencaharian antara di kelurahan dan kecamatan ini. Banyak lahan hijau yang sudah dijual dan menjadi perumahan dan juga ruko. Hal ini, dikarenakan daerah ini telah mengalami pengaruh globalisasi yang menyebabkan tingkat perekonomian di kota juga meningkat.

Stratifikasi Sosial
Perbedaan penghasilan yang didapatkan oleh masyarakat kota, dimana diversitas pekerjaan yang menyebabkan terjadinya variasi penghasilan yang tinggi terutama di kota. Kondisi tersebut tidak terlalu mengakibatkan perbedaan yang mencolok antar yang mampu dengan yang tidak mampu dan  cenderung terlihat sama, sebagai salah satu contoh ketimpangan sosial di masyarakat kota. Pada perbedaan status sosial di daerah ini, masyarakat masuk mulai dari kelas Menengah-Bawah sampai menengah-atas.

Mobilitas Sosial
Masyarakat bersifat terbuka terhadap sesuatu hal yang baru, sehingga penduduk kota memiliki kesempatan yang lebih besar dalam melakukan mobilitas sosial. Saluran mobilitas sosial di sini cukup banyak, sehingga memungkinkan setiap penduduknya selalu melakukan mobilitas sosial dari berbagai saluran. Mobilitas sosial pada masyarakat berlangsung sangat cepat, hal ini disebabkan karena banyaknya saluran yang tersedia serta keinginan dari masing-masing individu yang ingin majuDengan tidak adanya sistem kasta pada masyarakat, maka tidak tertutup segala kemungkinan untuk melakukan mobilisasi.

Interaksi Sosial
Interaksi sosial masyarakat disini masih terbuka. Banyak masyarakat yang menyapa ataupun mengobrol saat bertemu dijalan. Jalan pikiran masyarakat umumnya bersifat rasional, sehingga interaksi yang terjadi lebih didasarkan pada faktor kepentingan daripada faktor pribadi.

Solidaritas Sosial
Masyarakat disini yang cenderung mempunyai profesi yang berbeda beda, ada yang sebagai pegawai kantor, pedagang dll, mereka mempunyai jam terbang yang berbeda beda sehingga kemungkinan bagi mereka untuk berinteraksi tidar terlalu sering, bahkan interaksi antar tetanggapun akan terkadang sulit. Dan karena  tetangga merekapun bisa jadi bergonta ganti, karena tak sedikit masyarakat kota yang hidupnya berpindah pindah, entah itu karena urusan pekerjaan ataupun yang lain.

Sources :
http://pan-jaktim.tripod.com/ciracas
http://etd.repository.ugm.ac.id/index.php?mod=download&sub=DownloadFile&act=view&typ=html&id=112781&ftyp=potongan&potongan=S2-2017-370563-introduction.pdf
https://dokumen.tips/documents/geografis-ciracas.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Ciracas,_Jakarta_Timur
https://id.wikipedia.org/wiki/Kelapa_Dua_Wetan,_Ciracas
https://materiips.com/perbedaan-desa-dan-kota
http://hamdanzulfa.blogspot.com/2016/09/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html

Previous
Next Post »

Dilarang Spam , Flood , Junk , Sara , Link Aktif Dsb.

 
Back To Top