Inovasi dalam Sistem informasi adalah suatu perkembangan atau perubahan ke arah yang lebih variatif untuk menciptakan sesuatu dalam usaha membantu pekerjaan manusia dalam bentuk yang terstruktur. Sistem Informasi akan terus berkembang atau berinovasi seiring kebutuhan pasar.
Img Source : www.greatplacetowork.com |
Media yang merubah dunia
Teknologi media berubah setiap generas. Bentuk media konvensional bergabung dengan yang baru dengan cara yang mengubah pola konsumsi media kita, kehidupan kita, dan masyarakat tempat kita hidup. Siapa pun yang pernah menggunakan ponsel untuk mengunduh email,melihat klip video, atau mendengarkan lagu, telah mengalami penggabungan media massa konvensional ke dalam bentuk media baru melalui kemajuan teknologi digital dan jaringan telekomunikasi.
Penggunaan media dalam 1 jam dari setiap orang. SrcMediaNow |
Teknologi media baru berdampak pada budaya kita dengan menawarkan gaya hidup baru, menciptakan pekerjaan baru dan menghilangkan yang lain, mengubah kerajaan media, menuntut peraturan baru, dan menyajikan masalah sosial baru yang unik
Namun, perubahan itu tidak murni didorong oleh teknologi. Kreativitas individu dan budaya kita mendorong kembali terhadap teknologi dan korporasi yang menyebarkan mereka untuk mendefinisikan kembali penggunaannya.
Revolusi Industri 4.0
Sumber gambar techutzpah.com/ |
Pada industri 4.0, teknologi manufaktur
sudah masuk pada tren otomatisasi dan pertukaran data. Hal tersebut
mencakup sistem cyber-fisik, internet of things (IoT), komputasi awan, dan komputasi kognitif.
Tren ini telah mengubah banyak bidang kehidupan manusia, termasuk ekonomi,
dunia kerja, bahkan gaya hidup manusia itu sendiri. Singkatnya,
revolusi 4.0 menanamkan teknologi cerdas yang dapat terhubung dengan
berbagai bidang kehidupan manusia.
- Revolusi Industri 1.0 dimulai dengan terciptanya mesin uap yang digunakan sebagai alat produksi
- Revolusi Industri 2.0 dimulai ketika terjadinya produksi masal oleh pabrik-pabrik dan mulai menggunakan listrik sebagai sumber daya tenaga
- Revolusi Industri 3.0 dimana alat-alat produksi bekerja secara otomatis dan menggunakan perangkat elektrik
- Revolusi Industri 4.0 menerapkan konsep automatisasi yang dilakukan oleh mesin tanpa memerlukan tenaga manusia dalam pengaplikasiannya. Dimana hal tersebut merupakan hal vital yang dibutuhkan oleh para pelaku industri demi efisiensi waktu, tenaga kerja, dan biaya. Penerapan Revolusi Industri 4.0 di pabrik-pabrik saat ini juga dikenal dengan istilah Smart Factory. Banyak inovasi baru di Industri 4.0, diantaranya Internet of Things (IoT), Big Data, percetakan 3D, Artifical Intelligence (AI), kendaraan tanpa pengemudi, rekayasa genetika, robot dan mesin pintar.
Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
1. Masa Prasejarah (Hingga 3000 SM)
Meskipun belum mengenal istilah teknologi pada masa ini, namun manusia prasejarah tentu mencoba memulai berkomunikasi dengan cara menuangkan seluruh aktivitas ke dalam bentuk gambar yang biasanya diletakkan pada dinding-dinding gua tempat mereka tinggal.
Pada zaman ini, teknologi informasi dan komunikasi yang dilakuin manusia fungsinya yaitu sama sebagai pengenalan bentuk-bentuk yang manusia kenal. Untuk dapat informasinya yang didapat, mereka gambar di dinding-dinding guwa tentang berburu dan binatang buruannya.
Pada zaman prasejarah sudah mulai buat dan pakai alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, dan isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan adanya bahaya.
Setelah itu, cara mereka berkomunikasi terus berkembang dari menggunakan bahasa isyarat hingga menciptakan alat seperti kentongan yang terbuat dari tanduk hewan untuk menyampaikan informasi, serta juga menggunakan simbol-simbol semacam pictograf untuk melambangkan huruf.
2. Masa Pasca Prasejarah/ Masa Sejarah (3000 SM – 1400 M)
Pada masa sejarah teknologi telah mengalami perkembangan yang begitu pesat. Banyak cikal bakal teknologi modern yang lahir di masa ini, antara lain:Bangsa Mesir Kuno menciptakan huruf heiroglyph yang berupa simbol-simbol untuk mewakili setiap pembicaraan atau ungkapan di tahun 2900 SM.
Ditemukannya media kertas pertama kali dengan menggunakan tumbuhan papyrus pada tahun 500 SM.
Bangsa China mengembangkan kertas seperti yang kita gunakan saat ini di tahun 500 SM.
3. Masa Modern (1400 M s.d. Sekarang)
- 1455: Jonathan Gutenberg menggunakan mesin cetak untuk mencetak plat huruf.
- 1830: Augusta Lady Byron dan Charles Babbage berhasil menulis program komputer yang pertama kali menggunakan mesin analytical untuk mengolah data dan menghasilkan keluaran dalam bentu kartu.
- 1837: Samuel Morse bersama dua rekannya sukses mengembangkan mesin telegraf yang berupa kode Morse. Kode ini memungkinkan penggunanya untuk mengirim pesan melalui kabel yang dihubungkan pada dua lokasi dan diproses dalam waktu yang bersamaan.
- 1861: Ditemukannya teknologi cikal bakal film yang mirip seperti sekarang ini, dimana gambar dibuat bergerak dan diproyeksikan menggunakan sebuah layar besar
- 1876: Dikembangkannya penulisan bilangan desimal oleh Melvyl Dewey
- 1877: Perangkat telepon ditemukan oleh Alexander Graham Bell, pada tahun yang sama Edweard Muybridge juga berhasil menemukan teknologi fotografi dengan kecepatan tinggi.
- 1899: Media penyimpanan ditemukan pada tahun ini, namun masih menggunakan pita magnetis yang bersifat analog.
- 1923: Zvorkyn berhasil menemukan TV tabung pertama.
- 1939: Terciptanya komputer elektronik digital pertama oleh Dr. John V. Atanasoff dan Clifforf Berry.
- 1940: Lebih dimaksimalkannya pengembangan teknologi komunikasi yang digunakan untuk pengiriman dan penerimaan dokumen militer pada saat Perang Dunia Kedua terjadi.
- 1945: Pasca Perang Dunia Dua, Vannevar Bush menemukan sistem pengkodean menggunakan hypertext, yang merupakan teknologi cikal bakal pembuatan website.
- 1946: Teknologi komputer ENIAC I dikembangkan untuk pertama kali dan digunakan dalam instansi tertentu.
- 1948: Para peneliti berhasil menemukan dan mengembangkan transistor.
- 1957: Jean Hoerni mengembangkan perangkat transistor planar.
- 1972: Cikal bakal teknologi email ditemukan oleh Ray Tomlinson dan dipergunakan untuk berkomunikasi jarak jauh.
- 1973-1990: Setelah melewati berbagai macam revolusi teknologi, pada tahun inilah akhirnya internet mulai dikembangkan. Bahkan protokol jaringan berupa TCP/IP juga telah ditemukan oleh DARPA. Dengan itu, internet siap diperkenalkan. Kemudian berselang beberapa tahun, tepatnya pada 1986 pihak IETF mengembangkan sebuah server yang digunakan sebagai alat koordinasi diantara DDN, ARPANET, dan Internet Gateway.
- 1991-sekarang: Akhirnya teknologi pada tahun ini mulai diterapkan dalam berbagai sektor, termasuk dalam dunia bisnis. Istilah WWW (World Wide Web) diperkenalkan oleh CERN pada 1992. Hingga sekarang, perkembangan teknologi mutakhir telah merambah ke seluruh dunia.
Perkembangan Komputer
- Generasi Pertama (1940-1956)
- Generasi Kedua (1964-1971)
- Generasi Ketiga (1964-1971)
- Generasi Keempat (1971-sekarang)
- Generasi kelima (sekarang-masa depan)
Perangkat computer
Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak adalah data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Secara garis besar perangkat lunak komputer juga masih dapat digolongkan menjadi 2 bagian, yaitu:1). Sistem operasi
ialah sekumpulan beberapa program pengendalian komputer yang dibuat pabrik komputer dengan memperhatikan bentuk dan cara kerja dari hardware (perangkat keras) yang mereka miliki. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS.
2). Sistem Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi adalah perangkat lunak komputer yang manfaatin kemampuan komputer langsung untuk ngelakuin suatu tugas yang diinginkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, pengolah angka, pemutar video, dan pengeditan berbagai macam file.
Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedain dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedain dengan perangkat lunak (software) yang menyediai instruksi untuk perangkat keras dalam selesaikan tugas tersebut.Berikut adalah beberapa contoh perangkat keras komputer dan kegunaanya:
1. Keyboard
Keyboard fungsinya memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lain sesuai yang diinginkan.
2. Mouse
Fungsi alat ini adalah untuk pindahini pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, bias juga sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard
3. Processor
Processor disebut juga otak dari komputer makin bagus tipe processor maka semakin mahal pula komputer, maka processor disebut sebagai inti dari komputer.
4. Motherboard
Motherboard adalah gabungan elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan mobo.Motherboard yang banyak ditemui dam diketahui saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
5. RAM
RAM (Random Access Memory) adalah memori utama komputer yang fungsinya untuk baca dan nulis data. Dengan adanya RAM, kita bisa jalanin 2 aktifitas sekaligus dalam komputer, yaitu nulis dan baca data.
6. Monitor
Monitor berupa Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masuk. memiliki berbagai ukuran layar seperti sebuah televisi.
7. Harddisk
Harddisk adalah sebuah gabungan perangkat keras yang nyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis.
8. SSD
SSD singkatan dari Solid State Drive atau Solid State Disk, adalah perangkat penyimpan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi. Perangkat SSD menanamkan chip memori berbasis silikon sebagai media penyimpanan untuk menulis dan membaca data persisten . SSD , juga dikenal sebagai flash drive atau kartu flash, dimasukkan ke dalam slot di komputer server - disebut sebagai penyimpanan flash server-side
Manfaat dari Sistem/Teknologi Informasi
- Terciptanya e-Learning sebagai salah satu sarana dalam memperbaiki sistem pendidikan,
- Terciptanya lapangan pekerjaan,
- Memperkaya ilmu dan pengetahuan dalam semua bidang termasuk dalam aspek kebudayaan,
- Terdorongnya proses demokrasi dalam segala hal.
- Memudahkan kita dalam memperoleh informasi serta melakukan komunikasi,
- Terbukanya peluang bisnis yang baru,
- Adanya peningkatan kualitas serta kuantitas pelayanan publik,
- Adanya peningkatan layanan informasi jarak jah dalam bidang kesehatan (telemedicine),
Evolusi dari Software atau Perangkat Lunak
1. ERA PERTAMA
a. Batch orientationSuatu orientasi di mana proses dilakukan setelah data dikumpulkan dalam satuan waktu tertentu, atadilakukan setelah data terkumpul, lawan dari batch adalah ONLINE atau Interactive Process. Keuntungan dari Interactive adalah mendapatkan data yang selalu up to date.
b. Limmited distribution
Suatu penyebaran software yang terbatas pada perusahaan-perusahaan tertentu.
c. Costumer software
Software yang dikembangkan berdaasarkan perusahaan-perusahaan tertentu.
2. ERA KEDUA :
a. Multi userSuatu sistem di mana satu komputer digunakan oleh beberapa user pada saat yang sama.
b. Real time
Suatu sistem yang dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan data dari berbagai sumber, mengontrol proses dan menghasilkan output dalam mili second.
c. Database
Perkembangan yang pesat dari alat penyimpan data yang OnLine menyebabkan muncul generasi pertama DBMS (DataBase Management System).
d. Product Software
Adalah software yang dikembangkan untuk dijual kepada masyarakat luas.
3. ERA KETIGA
a. Distibuted systemSuatu sistem yang tidak hanya dipusatkan pada komputer induk (Host computer), daerah atau bidang lainnya yang juga memiliki komputer yang ukurannya lebih kecil dari komputer induk. Lawan dari distributed system adalah Centralized System.
b. Embedded intellegence
Suatu product yang diberi tambahan “Intellegence” dan biasanya ditambahkan mikroprocessor yang mutakhir. Contohnya adalah automobil, robot, peralatan diagnostic serum darah.
c. Low cost hardware
harga hardware yang semakin rendah, ini dimungkinkan karena munculnya Personal Computer.
d. Consumer infact
Adanya perkembangan komputer yang murah menyebabkan banyaknya software yang dikembangkan, software ini memberi dampak yang besar terhadap masyarakat
4. ERA KEEMPAT :
a. Expert systemSuatu penerapan A.I. (Artificial Intellegence) pada bidang-bidang tertentu, misalnya bidang kedokteran, komunikasi, dll.
b. AI Machine
Suatu mesin yang dapat meniru kerja dari sebagian otak manusia. Misalnya mesin robot, komputer catur.
c. Parallel Architecture
Arsitektur komputer yang memungkinkan proses kerja LAN paralel, yang dimungkinkan adanya prosesor berbeda dalam satu komputer.
Sources :
ebook - Media Now: Understanding Media, Culture, and Technology, Seventh Edition
https://www.it-jurnal.com/evolusi-perkembangan-software/
https://idcloudhost.com/bagaimana-perkembangan-teknologi-informasi-saat-ini/
https://www.ubaya.ac.id/2018/content/articles_detail/219/Media-Penyimpanan-Data-Solid-State-Drive--SSD-.html
https://www.indoworx.com/sejarah-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-di-dunia/
https://ululazmisetiawan.wordpress.com/2016/10/03/sejarah-perkembangan-sistem-teknologi-informasi/
http://alfanfikri27.blogspot.com/2016/09/sejarah-perkembangan-sistem-teknologi_29.html
http://globalwara.blogspot.co.id/2012/10/evolusi-perangkat-lunak.html
http://ilmuyang-bermanfaat.blogspot.co.id/2013/02/klasifikasi-perangkat-lunak-software.html
http://r148242.blogspot.co.id/2012/11/perangkat-lunak-sistem-dan-aplikasi.html
https://tifanyerba.wordpress.com/tag/perangkat-keras-hardware-tik/
https://cpssoft.com/blog/bisnis/apa-itu-revolusi-industri-dan-dampaknya-dalam-bisnis-anda/
https://www.maxmanroe.com/revolusi-industri-4-0.html
http://binus.ac.id/knowledge/2019/05/mengenal-lebih-jauh-revolusi-industri-4-0/
Dilarang Spam , Flood , Junk , Sara , Link Aktif Dsb.