Berbagi Tips Komputer, Blogger, Dan Android

Monday, October 15, 2018

ISD Sebagai Salah Satu MKDU


Pengertian Ilmu Sosial Dasar

Ilmu sosial dasar adalah ilmu pengetahuan yang menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia tentang masalah-masalah sosial yang terjadi pada masyarakat dengan menggunakan fakta, konsep, dan teori yang berasal dari disiplin ilmu-ilmu sosial. 
 
Sources http://galihpermanaworks.blogspot.com

Tujuan Ilmu Sosial Dasar

Sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial Dasar memunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar:
  • Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
  • Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
  • Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mempelajarinya secara kritis-interdisipliner.
  • Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat

Pengelompokkan Ilmu Sosial Dasar. 

Secara umum ilmu pengetahuan dapat dikelompokkan dalam 3 kelompok besar yaitu :
  1. Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince ).
    Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hokum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini lalu dibuat prediksi.

  2. Ilmu-ilmu sosial ( social scince ) .
    ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak 100 5 benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia initidak dapat berubah dari saat ke saat.
     
  3. Pengetahuan budaya ( the humanities )
    bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.

Perbedaan ISD dan IPS

Ilmu Sosial Dasar bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri karena Ilmu Sosial Dasar tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah tersendiri dan juga tidak mengembangkan suatu penelitian sebagai mana suatu disiplin ilmu, seperti ilmu-ilmu sosial

Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.

Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.

Persamaan ISD dan IPS
  1. Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
  2. Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
  3. Sama – sama membahas tentang kehidupan sosial manusia di dalam masyarakat.

Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar

Bahan pelajaran dari Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan atas 3 golongan yaitu
  1. Kenyataan-kenyataan sosil yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu
  2. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elemnter saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial
  3. Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarkat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataansosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan. 

Sources 
https://evaniaolgasari.wordpress.com/2013/11/08/isd-sebagai-salah-satu-mkdu/
http://ardinuralamsyah.blogspot.com/2015/01/isd-sebagai-salah-satu-mkdu.html?m=1
https://ervannur.wordpress.com/2010/09/26/isd-sebagai-salah-satu-mkdu/

Previous
Next Post »

Dilarang Spam , Flood , Junk , Sara , Link Aktif Dsb.

 
Back To Top