Berbagi Tips Komputer, Blogger, Dan Android

Wednesday, October 17, 2018

Pemahaman tentang Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan

A. Penduduk

Secara umum, penduduk adalah orang/ sekumpulan orang yang tinggal dan menetap di suatu negara. Orang tersebut bisa termasuk warga negara, ataupun bukan warga negara.Pengertian penduduk menurut para pengamat
  • Jonny Purba
    “Penduduk adalah orang yang mantranya sebagai diri pribadi, anggota keluarga, anggota masyarakat, warga negara dan himpunan kuantitas yang bertempat tinggal di suatu tempat dalam batas wilayah negara pada waktu tertentu”
  • Srijanti A. Rahman
    “Penduduk adalah orang yang mendiami suatu tempat dalam wilayah tertentu dengan tanpa melihat status kewarganegaraan yang dianut oleh orang tersebut”
  • Ahmad Yani & Mamat Rahmat
    “Penduduk merupakan komponen yang sangat penting dalam suatu wilayah atau negara”
  • Dr. Kartomo
    “Penduduk adalah semua orang yang mendiami suatu wilayah tertentu pada waktu tertentu, terlepas dari warga negara atau bukan warga negara”
  • Sri Murtono, Hassan Suryono, Martiyono
    “Penduduk adalah setiap orang yang berdomisili atau bertempat tinggal di wilayah suatu negara dalam waktu yang cukup lama”
Warga Negara
Warga Negara adalah orang yang menetap di suatu negara dan disahkan oleh UU yang memiliki hak dan kewajiban terhadap negara. Sebagai warga negara, orang tersebut memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Bukan Warga Negara
Bukan Warga Negara disebut juga orang asing atau warga negara asing, adalah mereka yang berada pada suatu negara dan secara hukum tidak menjadi anggota negara yang bersangkutan, namun tunduk pada pemerintahan di mana mereka berada.
Source : capacitacioticsumhdr.blogspot.com

B. Masyarakat

Masyarakat adalah suatu kesatuan kehidupan sosial manusia yang menempati wilayah tertentu, yang keteraturannya dalam kehidupan sosialnya telah dimungkinkan karena memiliki pranata sosial yang telah menjadi tradisi dan mengatur kehidupannya. Tekanannya disini terletak pada adanya pranata sosial, tanpa pranata sosial kehidupan bersama didalam masyarakat tidak mungkin dilakukan secara teratur. Pranata sosial disini dimaksudkan sebagai perangkat peraturan yang mengatur peranan serta hubungan antar anggota masyarakat, baik secara perseorangan maupun secara kelompok.

C. Kebudayaan

Kebudayaan adalah hasil budi daya manusia, ada yang mendefinisikan sebagai semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. Karya manusia menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan, sedangkan rasa mewujudkan segala norma dan nilai untuk mengatur kehidupan dan cipta merupakan kemampuan berpikir dan kemampuan mental yang menghasilkan filsafat dan ilmu pengetahuan.
Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.

Keterkaitan antara Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan

Penduduk, masyarakat dan kebudayaan adalah konsep-konsep yang pertautannya satu sama lain sangat berdekatan. Bermukimnya penduduk dalam suatu wilayah tertentu dalam waktu yang tertentu pula, memungkinkan untuk terbentuknya masyarakat di wilayah tersebut. Ini berarti masyarakat akan terbentuk bila ada penduduknya sehingga tidak mungkin akan ada masyarakat tanpa penduduk, masyarakat terbentuk karena penduduk. Sudah tentu penduduk-penduduk/ populasi dalam pengertian umum yang mengandung arti kelompok organisme yang sejenis yang hidup dan berkembang biak pada suatu daerah tertentu.

Demikian pula hubungan antara masyarakat dan kebudayaan, ini merupakan dwi tunggal, hubungan dua yang satu dalam arti bahwa kebudayaan merukan hasil dari suatu masyarakat, kebudayaan hanya akan bisa lahir, tumbuh dan berkembang dalam masyarakat. Tetapi juga sebaliknya tidak ada suatu masyarakat yang tidak didukung oleh kebudayaan. Hubungan antara masyarakat dan kebudayaan inipun merupakan juga hubungan yang saling menentukan disini yang dimaksud adalah kelompok. Dari ketiga hal tersebut yaitu penduduk, masyarakat dan kebudayaan masing-masing mempunyai hubungan dengan perkembangan sosial.


Sources :
https://riestikaputri.wordpress.com/2018/05/10/penduduk-masyarakat-dan-kebudayaan/
https://vandredi-blog.blogspot.com/2010/02/pengertian-penduduk-masyarakat-dan.html
http://evadwimeliani.blogspot.com/2016/11/makalah-penduduk-masyarakat-dan.html
http://yuniamelty.blogspot.com/2014/10/tugas-isd-pengertian-penduduk.html

Previous
Next Post »

Dilarang Spam , Flood , Junk , Sara , Link Aktif Dsb.

 
Back To Top